Alasan Kuat Susu Segar Menguntungkan Usaha Cafe

Menyajikan secangkir espresso kepada pelanggan Café, belum tentu cocok bagi sebagian pelanggan, terutama yang lidahnya belum terbiasa dengan citarasa asam, pahit, sedikit manis, masih diimbuhi lagi dengan jejak rasa lain seperti nuansa buah-buahan atau rempah-rempah tertentu. Untuk itu kehadiran susu segar yang dituangkan pada espresso akan memberikan efek yang lebih disukai banyak orang. 

Espresso dan susu segar merupakan pasangan yang serasi dan indah, jejak rasa buah-buahan, karamel, cokelat dari espresso akan bermain dengan indah dengan citarasa susu, terekspos lama di lidah penikmatnya berbagai citarasa yang melekat pada kopi sehingga lidah terasa dimanjakan.

 

Kombinasi Susu Segar dan Espresso

Bagi banyak orang, kombinasi espresso dan susu segar merupakan pengganti sarapan pagi yang menyenangkan, memberikan kalori yang diperlukan di pagi hari dan juga memasok mineral penting lainnya bagi tubuh. Berbagai kombinasi espresso dan susu segar, mulai dari yang diolesi sedikit saja busa atau lapisan susu di atas espresso, sampai yang ketebalan busa dan volume susu segarnya tebal menutupi bagian atas gelas dari isian espresso di bawahnya. 

Banyak dari menu minuman berbasis kopi yang disajikan di café-café kini mengandung susu segar yang lebih banyak daripada kopinya, bahkan beberapa café menutupi kondisi kopinya yang mungkin tidak berkualitas prima dengan susu dan berbagai tambahan flavour serta pemanis. 

Namun demikian, di café-café terbaik sekalipun, susu segar tetap berperan besar dalam mengangkat penjualan mereka, baik sebagai bahan yang memberikan kelezatan rasa sekaligus juga sebagai media untuk mengendalikan temperatur di minuman kopinya.

 

Tiga Alasan Penting Susu Segar Hadir di Cafe

Susu segar digabungkan dengan espresso karena ada 3 alasan yang penting. Pertama memberikan efek pelepas dahaga (hidrasi) sekaligus memasok kafein (ini zat yang membuat tubuh dan syaraf-syaraf jadi segar dan aktif) sekaligus. Dua fungsi dalam secangkir minuman.

Kedua, susu hangat yang dituang ke espresso yang panas akan menurunkan temperatur minuman sehingga mudah dihirup, mengurangi resiko lidah dan bibir terseduh panasnya kopi, dan sekaligus menjadi pemasok kalori dan nutrisi saat sarapan pagi, dalam secangkir mug. 

Ketiga, dari sudut keuangan, menawarkan minuman yang lebih dari sekedar kafein lebih bernilai di mata pelanggan. Juga kalau meminum kopi saja maka kemungkinan pemesanan makanan menjadi berkurang dibandingkan memasok minuman yang lebih banyak volumenya (karena ada tambahan susu segar) sehingga potensi terjualnya pastry, cakes atau cookies di café meningkat. Jadi pasangan espresso dan susu segar memang menguntungkan bagi pemilik café dan pelanggannya.

 

Memilih Produk Susu Segar Berkualitas 

Susu segar berkualitas tinggi sangat penting bagi kesuksesan sajian kopi di café. Susu adalah emulsi dari lemak, protein, mineral, gula, asam, dan garam, sehingga sangat cocok untuk menciptakan rasa yang kaya dan tekstur yang lembut dalam kopi. Penting untuk memilih susu yang dipasteurisasi, karena proses pasteurisasi tetap mempertahankan nutrisi alami dan menghilangkan bakteri patogen yang tidak baik untuk tubuh, dan memperpanjang masa simpan susu tanpa mengorbankan kualitas rasa. 

Susu segar pasteurisasi yang berkualitas tinggi juga memiliki kandungan protein yang ideal untuk menciptakan mikrofoam sempurna dalam cappuccino dan latte. Oleh karena itu, penting bagi pengusaha café untuk memilih produk susu segar yang dihasilkan dengan standar tinggi, didistribusikan secara teratur, dan tersebar luas di seluruh Indonesia.

PT Greenfields Dairy Indonesia, perusahaan susu nasional berskala besar, telah mempelajari dengan cermat mengenai pasar di Indonesia, dan karenanya perusahaan ini berinvestasi untuk memproduksi susu yang terintegrasi, mulai dari peternakan, lalu pemrosesan segera susu segar yang selesai diperah, kemudian diolah segera untuk menjadi susu segar siap konsumsi dengan kualitas tinggi.

Di peternakan Greenfields terdapat lebih dari 20.000 ekor sapi jenis Holstein dan Jersey. Untuk jenis sapi Jersey adalah yang pertama dipelihara di Indonesia, dengan program pengembangbiakan sapi secara mandiri (in-house breeding program).

Peternakan di Greenfields dikelola secara modern dengan kondisi alam ideal untuk peternakan sapi perah, proses pemerahan susu secara rotary (berputar), sehingga lebih efisien dan nyaman bagi sapi, dan yang terpenting adanya teknologi tanpa sentuhan tangan manusia untuk menghasilkan susu ekstra higienis. Hal lain yang juga penting adalah pemeliharaan sapi yang ramah lingkungan (memakai listrik biogas dan daur ulang limbah).

Pengiriman susu segar pasteurisasi wajib menggunakan distribusi dan logistik rantai dingin, dan ini dimiliki oleh Greenfields. Sejak dari peternakan ke pabrik produksi dan dari pabrik pengolahan susu lalu sampai ke lemari pendingin di berbagai toko-toko, temperatur selalu dijaga antara 1 sampai 4 derajat Celcius. Tujuannya untuk menjaga kesegaran dan keamanan produk saat digunakan dan dinikmati para pelanggan Greenfields.

 

Varian Susu Segar Pasteurisasi Greenfields

Yang pertama adalah berbagai varian susu segar dengan cita rasa alami tanpa bahan tambahan pemberi rasa mencakup :

  • Full Cream Milk dengan rasa yang segar namun tetap ringan, dimana kandungan lemaknya 3,5% sebagaimana adanya susu segar, tanpa penambahan atau pengurangan. 
  • Low Fat Milk, dengan kandungan lemak 1,1%, cocok bagi yang menjalani diet rendah lemak.
  • Skimmed / Non Fat Milk, dengan kandungan lemak 0%, yang dikonsumsi bagi orang yang sedang diet tanpa lemak namun tetap memerlukan kandungan nutrisi pada susu segar. Susu Skimmed Milk Greenfields merupakan solusi alternatif yang sehat bagi konsumen Café yangs sedang dalam program diet tanpa lemak namun bukan penyuka susu plant-based, dengan berbagai alasan tertentu. 

Untuk susu segar dengan varian dengan tambahan rasa, terutama bagi penyuka rasa tertentu saat menikmati susu, tersedia varian sebagai berikut :

  • Full Cream Fresh Milk Choco Malt, hadir dengan kombinasi rasa cokelat dan malt 
  • Fresh Jersey adalah susu pasteurisasi yang berasal dari sapi Jersey yang dipelihara di peternakan Greenfields. Sapi jenis ini menghasilkan susu yang lebih creamy, tekstur yang kaya dengan citarasa yang lebih lembut, diiringi kandungan gizi yang lebih tinggi 10% daripada susu segar umumnya, lengkap dengan Vitamin A, Vitamin B2, kalsium dan fosfor untuk kebaikan tulang.
  • Untuk citarasa popular ada susu segar rasa Strawberry, yang merupakan kombinasi susu segar dengan ekstrak strawberry 
  • Low Fat Mochaccino, merupakan kombinasi kopi, cokelat asli dan susu segar rendah lemak dengan citarasa yang lezat.

 

Berbagai Keunggulan Susu Segar Greenfields di Aplikasi Menu

Para Barista di berbagai Cafe, memahami bahwa untuk memberikan daya tarik saat menyajikan minuman kopi yang memakai susu maka biasanya dibuat Latte Art yang simple, namun dalam kenyataanya Latte Art memerlukan kualitas susu yang bagus, seperti ketahanan terhadap proses pemanasan susu dengan tekanan tinggi (hot steaming), busa susu yang stabil, mulus dan kecil-kecil buihnya (micro bubble foam). Kualitas unik dan unggul di Latte Art ini semua ada di susu Greenfields.  

Dalam proses pembuatan Desserts, ada banyak sekali kreasi pudding, panacotta, aneka cakes dan breads yang mengandung susu dalam adonannya, dan sangat cocok untuk memakai berbagai produk susu segar dari Greenfields.

Semua produk Greenfields diproses secara higienis tanpa sentuhan tangan manusia. Greenfields menjamin pasokan susu sepanjang tahun dan terbuka untuk kolaborasi jangka panjang. Greenfields siap menjadi partner terbaik para pengusaha F&B dalam meningkatkan kualitas setiap olahan makanan atau minuman untuk kualitas hidup yang lebih baik!

Dapatkan lebih banyak inspirasi bisnis F&Bmu di Instagram Greenfields Professional (@greenfields.professional) atau Whatsapp +62 851-7210-0967

 

Terakhir diperbarui : 8 Agustus 2024

Hubungi Kami

Data Diri

  • Newsletter dan email
  • SMS
  • Nomor telepon

Terima kasih sudah menghubungi kami, pesan anda sedang kami proses.