Maksimalkan Kreativitas Menu Internasional dengan Bahan Lokal Berkualitas Premium

Bagi pengusaha Café dan Restoran dengan menu-menu andalan adalah menu Internasional, misal Italian atau French Style, sejak beberapa bulan ini tentu sangat pusing memikirkan bagaimana mengelola usahanya. Mengapa? Tak lain karena harga-harga bahan-bahan baku impor naik meroket akibat melemahnya kurs Rupiah terhadap US Dollar atau Euro, sementara daya beli di pasar juga ikut melemah.

Para pengusaha kuliner harus segera bersiasat dalam mengolah usahanya namun saat yang sama tidak boleh mengecewakan pelanggannya. Hal yang bisa dilakukan adalah segera mencari produk-produk lokal yang dapat menggantikan produk bahan baku impor, namun kualitasnya tidak boleh kalah dengan produk impor. Apa bisa? Kalau mau berusaha (keras) tentu bisa, tinggal bagaimana caranya, itu yang harus diketahui.

 

 

Memahami Menu vs Bahan Baku

Kreasi Grilled Cheese

 

Pertama adalah memahami apa saja menu-menu Internasional yang memakai bahan baku impor. Misalnya kalau kita daftar mulai dari menu aneka pasta, aneka produk yang dipanggang (baked) atau dibakar (grilled), aneka menu kreasi Salad, aneka menu yang berbahan butter and cheese serta krim (dairy cream), aneka menu yang dimarinasi atau diperam/penuaan dengan angin (dry aging) dan sebagainya.

Lalu kedua adalah memeriksa bahan-bahan baku apa saja yang saat ini selain diimpor namun ternyata sudah ada produsennya di dalam negeri? Kita bisa lihat bahwa susu segar, krim susu, keju, butter, cokelat, mayones, beberapa jenis buah-buahan tertentu (strawberry, apel dan anggur), terigu, sebenarnya sudah ada produksi dalam negeri, dengan kualitas yang setara dengan produk impor.

 

Adaptasi Resep

Pizza dengan Keju Ricotta

 

Yang berikutnya perlu dilakukan adalah adaptasi dari resep, karena dalam komposisi bahan-bahan penyusun sebuah resep, yang sering diabaikan oleh para aplikator atau chef dalam mengelola resep adalah bahwa bahan yang jenisnya sama kalau diganti merek lain tetap memerlukan penyesuaian pada komposisi bahan-bahan lainnya.

Sebagai contoh, usaha Café atau resto Anda sudah biasa memakai keju Mozarella merek tertentu impor, dengan kadar stretchy, kadar asin, warna produk tipe A. Maka saat mengganti dengan keju Mozarella merek lain bertipe B, yang dianggap lebih handal kelangsungan pasokannya, maka diperlukan penyesuaian bahan-bahan lain juga, misal untuk menyetarakan tingkat keasinannya, lama waktu pemanasan dan suhu pemanasannya, juga warnanya, sehingga tidak dirasakan kesenjangan yang jomplang dibandingkan saat memakai keju tipe A tersebut.

Ini memerlukan riset dan uji coba beberapa kali hingga menemukan formulasi yang pas. Meski tidak mudah dan memakan waktu, investasi ini penting untuk menjaga kelangsungan usaha. Jika tim Anda tidak siap melakukannya, banyak konsultan kuliner yang dapat membantu dengan keahlian dan pengalaman mereka.

 

Variasi Menu Baru

Selanjutnya adalah menemukan variasi menu-menu baru, yang merupakan menu internasional namun bisa memakai bahan-bahan lokal, baik secara sepenuhnya atau paling tidak sebagian besar. Misal, membuat aneka Sandwiches, ini adalah menu sederhana namun dengan kreasi yang tanpa batas. Bisa Sandwich panas, bisa Sandwich dingin ala Jepang, yang rata-rata memakai telur, krim dan keju. Jangan enggan untuk memasukkan keju Mozarella atau Ricotta bahkan Bocconcini pada berbagai menu berbasis bahan roti tawar atau roti Foccacia tersebut. 

Menu berbasis pasta, yang namanya Spaghetti, Fettucini, Macaroni, Tagliatelle, sudah diproduksi siap pakai dengan kualitas premium di dalam negeri. Menu dengan bahan aneka roti, baik roti tawar, roti tawar whole wheat, frozen croissant, baguette, Danish, yang semuanya sudah tersedia melimpah diproduksi oleh produsen berstandar internasional di dalam negeri. Anda cukup menambahkan bahan-bahan isian atau topping pada menu.

Berkreasilah dengan bahan-bahan lokal lain misalnya ubi jalar, tomat, terung, wortel, lettuce, bayam, labu, ikan, nanas, mangga, papaya, dan sebagainya, jadikan sebagai menu-menu unggulan karena bahan bakunya tersedia melimpah di dalam negeri, dan harganya relatif stabil. 

 

Kerja sama dengan Produsen Lokal yang Terpercaya

Menjalin kemitraan dengan produsen lokal terpercaya sangat penting untuk menjaga kelangsungan dan kualitas usaha kuliner Anda. Salah satunya adalah dengan produsen susu dan produk olahannya seperti Greenfields Dairy Indonesia. Kemitraan ini adalah langkah strategis untuk memastikan kualitas bahan baku tetap terjaga. Greenfields menyediakan berbagai produk keju, susu, dan krim dari susu sapi segar yang dihasilkan dari peternakan Greenfields sendiri. Dengan lebih dari 20.000 ekor sapi Holstein dan Jersey di Malang, Jawa Timur.

Semua produk Greenfields diproses secara higienis tanpa sentuhan tangan manusia. Greenfields menjamin pasokan susu sepanjang tahun dan terbuka untuk kolaborasi jangka panjang. Greenfields siap menjadi partner terbaik para pengusaha F&B dalam meningkatkan kualitas setiap olahan makanan atau minuman untuk kualitas hidup yang lebih baik! 

Dapatkan lebih banyak inspirasi bisnis F&Bmu di Instagram Greenfields Professional (@greenfields.professional) atau Whatsapp +62 851-7210-0967

 

Terakhir diperbarui : 12 Juli 2024

Hubungi Kami

Data Diri

  • Newsletter dan email
  • SMS
  • Nomor telepon

Terima kasih sudah menghubungi kami, pesan anda sedang kami proses.