Memahami Keju dan Pemilihan Jenisnya ke Menu Cafe-Resto

Keju saat ini harus diakui sangat banyak ditemukan di berbagai produk kuliner mulai dari snack tradisional seperti Singkong Goreng Keju sampai hidangan modern seperti Cheese Cake Gemoy ala Korea. 

Cheesecake dengan berbagai buah-buahan

 

Kreativitas pelaku usaha dalam menyajikan produk olahan pangan yang lebih sehat dan bergizi membuat keju, sebagai produk susu, dianggap berkelas dan fungsional dalam menu di kafe dan restoran. Keju menawarkan berbagai nilai gizi seperti protein tinggi, kalsium, vitamin, dan mineral lainnya yang berpadu seimbang dalam berbagai jenis makanan dan minuman.

Penyajian Scallop dengan Produk Keju

 

Fresh Cheese vs Processed Cheese  

Jenis keju yang beredar di pasar semakin beragam, baik untuk dikonsumsi langsung maupun untuk olahan menu kuliner. 

Processed Cheddar Cheese adalah keju yang telah mengalami pengolahan lebih lanjut melalui proses pemanasan dengan penambahan bahan-bahan seperti susu, lemak, garam, air, pengemulsi, dan bahan lainnya.

Fresh Cheese atau keju segar dibuat menggunakan susu segar. Contohnya adalah Bocconcini, Mozzarella, dan Ricotta. Keju segar ini kini semakin populer karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat. Produk keju segar Greenfields seperti Mozzarella, Ricotta, dan Bocconcini semakin sering digunakan dalam berbagai olahan kuliner seperti pizza, pasta, isian roti, salad, maupun campuran dalam saus.

 

Klasifikasi Keju Berdasarkan Tekstur dan Flavour

Keju dapat dikelompokan dari berbagai macam sudut pandang, ada yang berdasarkan kandungan lemaknya, lalu ada yang berdasarkan teksturnya, dan juga ada yang berdasarkan proses pembuatannya, serta juga berdasarkan kadar airnya, bentuknya, cara penyimpanannya dan profil dari flavournya.

Berdasarkan profile flavour dan tingkat tekstur dari keju maka dapat dibedakan sebagai berikut:

1. Keju dasar untuk bahan dalam membuat jenis keju yang lain.

2. Keju lunak atau Soft Cheese misalnya Feta, Brie, Camembert, Fresh Mozarella

3. Semi soft Cheese misalnya Mozarella, Montery Jack, Limburger

4. Semi Hard Cheese misalnya Cheddar, Emmertal, Gouda, Edam, Colby

5. Hard Cheese misal Parmesan, Pecorino Romano, Parmigiano 

6. Blue Cheese misalnya Blue, Creamery Blue, Gorgonzale. 

 

Fresh Cheese Jadikan Olahan Kuliner Lebih Premium

Keunggulan Keju dalam berbagai aplikasi kuliner karena Keju mampu meningkatkan cita rasa produk selain tentunya nilai nutrisi unggul.   Keju segar atau fresh cheese yang dibuat dengan 100% susu segar berkualitas bisa jadi jaminan bagi para penikmatnya untuk selalu mendapatkan kualitas terbaik.

Untuk keju lunak seperti Mozarella umumnya ditemukan di Pizza, namun jika menyajikan Sandwich atau Mantau yang diisi dengan Mozarella ternyata juga disukai pelanggan. Memasukkan Mozarella yang stretchy pada pangsit goreng sudah ditemukan di berbagai restoran fusion. Yang penting untuk mendapatkan karakter stretchy dari keju Mozarella, pastikan Keju tersebut melalui proses pemanasan sebelum disajikan, misal digoreng atau dipanggang.

Untuk cafe dan restoran yang banyak pelanggannya dari kaum peduli makanan segar non olahan atau minim olahan, maka menyajikan keju Ricotta atau Bocconcini pada semangkuk Salad Sayur tentu akan menjadi alternatif menu yang menyenangkan pelanggan. Mengapa? Karena selain terdapat materi protein pada salad tersebut, juga citarasa keju akan melengkapi semangkuk Salad yang berisi aneka sayuran dan buah.

Greenfields sebagai produsen susu segar dan produk olahan susu segar di Indonesia, memiliki serangkaian fresh cheese yang bisa dijadikan opsi bagi masyarakat maupun pelaku usaha, seperti misalnya Mozarella, Bocconcini dan Ricotta. 

Semua keju segar atau fresh cheese Greenfields Indonesia dibuat dari 100% susu segar yang hanya berasal dari peternakan dan pabrik Greenfields Indonesia yang terintegrasi. Bahan baku susunya sama sekali tidak dicampur dengan susu dari peternakan lain, sehingga menghasilkan keju alami dengan kualitas terbaik. Proses pembuatan seluruh produk Greenfields Indonesia menggunakan teknologi canggih yang higienis.

Greenfields menjamin pasokan susu sepanjang tahun dan terbuka untuk kolaborasi jangka panjang. Greenfields siap menjadi partner terbaik para pengusaha F&B dalam meningkatkan kualitas setiap olahan makanan atau minuman untuk kualitas hidup yang lebih baik! 

 

Dapatkan lebih banyak inspirasi bisnis F&Bmu di Instagram Greenfields Professional (@greenfields.professional) atau Whatsapp +62 851-7210-0967

 

Terakhir diperbarui : 7 Juli 2024

Hubungi Kami

Data Diri

  • Newsletter dan email
  • SMS
  • Nomor telepon

Terima kasih sudah menghubungi kami, pesan anda sedang kami proses.