Merdeka Bangga Memakai Bahan Pangan Produksi Dalam Negeri

Agustus adalah bulan yang selalu penuh dengan kebanggaan dan semangat bagi setiap orang Indonesia. Setiap tanggal 17, kita bersatu untuk merayakan kemerdekaan negeri tercinta yang di tahun 2024 ini genap berusia 79 tahun. Di seluruh penjuru tanah air, perayaan kemerdekaan diwarnai dengan berbagai kegiatan yang meriah, mulai dari upacara bendera yang khidmat, hingga lomba-lomba unik yang mempererat kebersamaan. Tak ketinggalan, banyak juga tempat usaha yang turut menyemarakkan suasana dengan menawarkan paket-paket spesial, menambah semaraknya bulan penuh makna ini. 

 

Kibarkan Semangat Kemerdekaan dalam Usaha Kuliner

Semangat kemerdekaan tidak hanya terbatas dalam perayaan-perayaan tersebut. Dalam dunia usaha, kemerdekaan bisa diterapkan melalui berbagai kebijakan maupun kebiasaan memberdayakan potensi lokal, salah satunya dalam pemilihan bahan baku. Dalam sektor kuliner, penerapan pola pikir mereka ini bisa berarti memilih bahan baku lokal yang berkualitas untuk menghasilkan produk yang inovatif dan sesuai dengan selera konsumen. Oleh karena itu, perusahaan bisa tetap mendukung perekonomian lokal dan bisa bangga menunjukkan kualitas produk dalam negeri yang berkualitas.

Merdeka dalam pengelolaan berbagai aspek usaha. Dari sisi produksi, maka kemerdekaan bisa diterapkan pada bebas dalam berpikir kreatif dan inovatif pada penciptaan produk, pada penataan ulang produk, pada pemilihan bahan baku produk, pada kebebasan berpendapat para staff dalam menyampaikan ide-idenya untuk meningkatkan produktivitas usaha. Juga di bidang lain seperti keuangan, pemasaran dan penjualan, sumber daya manusia, dan lainnya.

 

Gunakan Produk Lokal Berkualitas Tinggi: Menjadi Penguasa di Negara Sendiri

Sampai saat ini, masih banyak perusahaan di bidang kuliner yang masih bergantung sekali pada bahan-bahan impor, yang sebenarnya bahan pangan tersebut sebagian besar sudah diproduksi di dalam negeri. Hal itu tak lain karena adanya anggapan bahkan dipercaya kuat, kalau produk impor, terutama dari kawasan tertentu dianggap berkualitas lebih baik daripada buatan dalam negeri. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, karena ternyata di dalam negeri sudah banyak produsen bahan baku kuliner yang menghasilkan produk berkualitas tinggi, setara atau bahkan lebih baik daripada produk buatan luar negeri.

Kenyataannya, produsen dalam negeri pun memiliki kemampuan untuk menghasilkan bahan baku berkualitas tinggi, bahkan setara atau lebih baik daripada produk impor. Kualitas tinggi produk bahan baku kuliner produksi dalam negeri seperti produk olahan susu dari susu segar, yoghurt, krim kocok (whipping cream), keju alami, dibuktikan dengan adanya sertifikasi kualitas yang dimiliki oleh berbagai produk tersebut, termasuk sertifikat Halal, juga kemampuan dari produk-produk tersebut terjual di pasar ekspor, berbagai negara. Hal ini membuktikan bahwa produk pangan lokal juga memiliki kualitas yang bisa bersaing di pasar global.

Produsen seperti Greenfields misalnya, sangat serius memproduksi susu dan turunannya, terbukti dari peternakan sapi perah sampai pengemasan akhir susu berada di lokasi yang sama dan tidak ada pemakaian bahan baku susu dari luar peternakan milik perusahaan sendiri, dengan kata lain kegiatan usahanya terintegrasi sempurna dengan standar produksi yang ketat dan tinggi.

Untuk memaksimalkan kinerja usaha, baik dari sisi produksi dan keuangan juga pemasaran dan penjualan, maka para pelaku usaha kuliner sewajarnya memprioritaskan berbagai produk bahan bakunya yang berkualitas baik dengan memakai produk dalam negeri. Dukungan dari para produsen bahan pangan dalam negeri kepada para pelanggannya yang ada di segmen foodservices seperti café, bakery dan restoran, sudah tidak diragukan lagi. 

 

Berani Berkomitmen Mengutamakan Produk Lokal, dari Negeri untuk Negeri

Komitmen para produsen bahan pangan dalam negeri juga kuat pada penyediaan produk bahan baku pangan yang berkualitas tinggi, didukung layanan yang maksimal. Hal ini karena pasar dalam negeri sangat besar dan bertumbuh baik, tuntutan akan kualitas produk dan layanan juga tinggi. Ketersediaan produk di seluruh wilayah Indonesia, kondisi produk yang sesuai dengan pasar Indonesia (termasuk ketahanan produk pada cuaca di Indonesia), akan sangat membantu para pengusaha kuliner.

Jadi makna Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun pada tahun 2024 ini bagi para pengusaha kuliner adalah Merdeka dalam berpikir dan memutuskan untuk memakai produk bahan baku pangan dalam negeri yang terbukti berkualitas bagus, demi menunjang pertumbuhan usaha dari para pengusaha juga dan tentunya pertumbuhan ekonomi negeri tercinta.

 

Jalin Kemitraan dengan Produk Susu Lokal Berkualitas Terbaik

Menjalin kemitraan dengan produsen lokal terpercaya sangat penting untuk menjaga kelangsungan dan kualitas usaha kuliner Anda. Salah satunya adalah dengan produsen susu dan produk olahannya seperti Greenfields Dairy Indonesia. Kemitraan ini adalah langkah strategis untuk memastikan kualitas bahan baku tetap terjaga. Greenfields menyediakan berbagai produk keju, susu, dan krim dari susu sapi segar yang dihasilkan dari peternakan Greenfields sendiri. Dengan lebih dari 20.000 ekor sapi Holstein dan Jersey di Malang, Jawa Timur.

Semua produk Greenfields diproses secara higienis tanpa sentuhan tangan manusia. Greenfields menjamin pasokan susu sepanjang tahun dan terbuka untuk kolaborasi jangka panjang. Greenfields siap menjadi partner terbaik para pengusaha F&B dalam meningkatkan kualitas setiap olahan makanan atau minuman untuk kualitas hidup yang lebih baik! 

 

Dapatkan lebih banyak inspirasi bisnis F&Bmu di Instagram Greenfields Professional (@greenfields.professional) atau Whatsapp +62 851-7210-0967.

 

Terakhir diperbarui : 8 Agustus 2024

Hubungi Kami

Data Diri

  • Newsletter dan email
  • SMS
  • Nomor telepon

Terima kasih sudah menghubungi kami, pesan anda sedang kami proses.