Trend Makanan & Minuman Sehat di Cafe

Trend Naik Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat, Peluang Bisnis Bagi Usaha Café 

Banyak para pekerja maupun pengusaha yang karena kesibukannya begitu tinggi lalu mencari segala sesuatu yang praktis, salah satunya adalah mengonsumsi junk food dan minuman bersoda atau bergula tinggi. Tentu jika kebiasaan tersebut dilakukan terus menerus akan memberi dampak buruk bagi kesehatan. Untuk mengatasinya adalah menjalankan healthy lifestyle yang dimulai dengan mengubah menu makanan dan minuman, selain juga berolahraga tentunya.

Hal lain adalah dampak dari hadirnya pandemi Covid-19 telah memberikan peningkatan kesadaran di masyarakat luas tentang pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi nutrisi bagi tubuh karena dapat membantu meninbgkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri, sehingga demand terhadap healthy food juga semakin tinggi.

Kondisi tersebut di atas tentu merupakan peluang usaha yang baik bagi para pengusaha Café, yang pengunjungnya berlatar kaum pekerja kantoran dan pengusaha, untuk ditawarkan menu makanan dan minuman sehat. 

Overnight Oats dan OatBar

Dengan menggabungkan bahan-bahan seperti rolled oat, air, soy protein, brown rice protein, sorghum, serat tanaman, garam laut alami, gula aren lalu diberi Yogurt, maka tersedialah menu makanan sehat yang mengandung 20 nutrisi esensial seperti kalsium, zat besi, magnesium, seng, potasium, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6 dan masih banyak lagi. Produk tersebut akan rendah kalori, namun tinggi serat dan protein. Untuk membuatnya bisa disajikan sebagai overnight oats atau sebagai bar/ batangan.

Untuk memberikan variasi rasa, maka bisa ditambahkan cokelat hitam (dark chocolate 72% ke atas) atau bubuk teh matcha, ataupun potongan buah-buahan seperti pisang, apel, nanas, peach, berbagai jenis berries, maupun keju alami (natural cheddar). Pemberian Yogurt akan memberikan manfaat rasa, tekstur dan tentu saja fungsi probiotik yang meningkatkan kinerja pencernaan.

Mengonsumsi produk dengan kandungan serat, gizi dan vitamin yang seimbang akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, memenuhi kebutuhan nutrisi harian, memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga juga dapat membantu program penurunan berat badan. 

Pancake & Waffle Sehat

Pemakaian bahan Oats juga bisa diterapkan pada produk Pancake dan Waffle, dan untuk pembuatannya bisa menambahkan bahan cair berupa susu segar pasteurisasi dan Yogurt, yang selain berfungsi probiotik juga akan melembutkan tekstur adonan sehingga lebih fluffy. 

Adonan Pancake dan Waffle bisa dimasak di wajan ataupun waffle-maker tanpa tambahan mentega atau minyak. Penyajiannya pun bervariasi, bisa menggunakan maple syrup, madu ataupun taburan buah-buahan. 

Olesan Roti Sehat

Ada juga produk olesan cokelat yang diaduk dengan oats dan Yogurt secara bersamaan, lalu dijadikan bahan olesan roti tawar jenis wholewheat. Komposisi ketiga bahan bervariasi, tergantung selera. Sekali lagi penambahan Yogurt pada bahan olesan roti ini akan memberikan manfaat probiotik bagi penikmatnya. 

Jangan lupa bahwa Yogurt merupakan sumber Kalsium bagi orang yang mengalami’lactose intolerant’ yaitu orang yang mengalami kekurangan enzim laktase. Mereka tetap dapat mencernakan laktosa yang terdapat pada Yogurt dengan lebih efisien dibandingkan mencernakan laktosa yang ada pada susu yang belum mengalami fermentasi.

Smoothies Sehat

Untuk minuman sehat, dapat dibuat berbagai minuman Smoothies yang merupakan campuran Yogurt, (dengan atau tanpa) Susu dan buah-buahan yang dimix menjadi satu bersama es, agar tercipta minuman yang creamy, lembut dan segar. 

Buah-buahan seperti Strawberry, Apel, Pisang, Nanas, Blueberry, Peach, Mangga, Kiwi, sangat umum digunakan dalam produk minuman smoothies. Di atas Smoothies biasanya diberi saus atau sirup buah yang kental, atau ditabur bubuk garam Himalaya, semua tergantung selera.

Produk susu segar Pasteurisasi dan UHT serta Yogurt Plain dan Yogurt Drink dari Greenfields merupakan pasangan yang cocok untuk dipadukan dengan berbagai ide makanan dan minuman tadi. Dengan bahan baku utama susu segar alami dari peternakan sendiri milik Greefields Indonesia, maka produk olahan susu seperti Yogurt Plain dan Yogurt Drink Greenfields akan meningkatkan kualitas gizi dan serat bagi para penikmat makanan dan minuman sehat.

Hubungi Kami

Data Diri

  • Newsletter dan email
  • SMS
  • Nomor telepon

Terima kasih sudah menghubungi kami, pesan anda sedang kami proses.